Inilah Beda PS4 Slim dan Pro Wajib diketahui

PS4 merupakan sebuah konsol video game yang dibuat oleh perusahaan Sony Computer Entertainment. Dirilis pada tanggal 9 Februari 2014 di Indonesia, sebagai penerus dari seri playstation 3. Lalu 3 tahun kemudian munculah varian baru dari PS4 yaitu, PS4 slim dan PS4 Pro. Lalu apakah yang membuat beda ps4 slim dan pro ? , berikut adalah perbedaan dari ps4 slim dan ps4 pro:

1. Ukuran

Hal yang paling pertama dalam membedakan keduanya tentu saja terlihat pada bagian ukurannya. PS 4 Slim memiliki ukuran yang lebih kecil sebesar 40% dari versi originalnya dengan dimensi 288 x 265 x 39 mm, sudut-sudut yang lebih membulat dengan bagian atas yang bertekstur matte. Berbeda dengan PS4 Slim yang mengecil, PS4 pro justru hadir dengan ukuran yang lebih besar dengan berat yang bertambah pula, dengan dimensi 327 x 295 x 55 mm dengan berat 3,3 Kilogram.

READ  Inilah Nama Game Yang Menyelenggarakan Turnamen Esport

2. Spesifikasi

Beda ps4 slim dan pro selanjutnya terletak pada bagian spesifikasi dimana, PS4 Slim menggunakan cpu AMD berkecepatan 1,6 GHz dengan 8 core. Sedangkan versi pro hadir dengan CPU AMD berkecepatan 2,4 GHz dengan jumlah core yang sama. Selain CPU, GPU yang digunakan juga berbeda dimana PS4 Slim dengan GPU dengan kinerja 1,84 Teraflop.

Sementara PS4 Pro dengan GPU AMD Terbaru memiliki kinerja 4,2 TeraFlop sehingga mampu menjalankan game dengan resolusi 4K. Untuk besar RAM keduanya masih sama-sama memiliki 8 GB RAM berjenis GDDR 5.

3. Storage

PS4 Slim memiliki 2 varian dengan yang pertama memiliki 500 GB harddisk dan yang kedua dengan 1 TB harddisk. Sedangkan PS4 pro hanya memiliki satu versi yaitu dengan internal storage sebesar 1 TB, cukup besar ya.

4. Virtual Reality

Meskipun keduanya dapat menjalankan game Virtual Reality atau VR, namun terdapat perbedaan performa. PS4 pro mampu memberikan pengalaman game VR yang lebih baik berkat kemampuan GPU AMD terbarunya. Sedangkan pada PS4 Slim memang bisa menjalankan game VR namun tampilan yang dihasilkan tidak akan sebagus jika bermain dengan PS4 Pro.

READ  Rekomendasi Game Basket Terbaik untuk Para Pecinta Basket

5. Pro Enhanced

Meskipun tidak ada game eksklusif yang hadir pada keduanya baik untuk versi pro atau slim. Namun untuk game yang memiliki label Pro Enhanced pada kotaknya, hal tersebut dapat menjadi pembeda. Sebab game dengan label tersebut dapat mendukung 4K dan dapat dimainkan secara lebih maksimal bila dimainkan dengan pS4 Pro dan tentunya TV yang mendukung kualitas 4K dan HDR

6. Konsumsi Daya

Untuk segi konsumsi daya PS4 Slim bisa lebih unggul daripada PS4 Pro. Hal ini dikarenakan konsumsi daya dari PS4 Slim yang terbilang lebih rendah dari versi PS4 Pro, dengan konsumsi daya hanya sebesar 165 watt. Sedangkan PS4 Pro memerlukan konsumsi daya paling tinggi sebesar 310 watt atau hampir 2 kali lipat dari PS4 Slim.

READ  Ini Daftar Game Asah Otak Terbaik Untuk Dimainkan

7. Dukungan Port

Untuk dukungan port keduanya dibekali dengan USB 3.1, namun pada PS4 slim hanya diberi 2 port usb saja sedangkan pada PS4 Pro diberi 3 port USB. Selain itu keduanya mendukung bluetooth 4.0 dan WiFi yang ditingkatkan menjadi WiFi 5.0.

8.  Harga

Terkait dengan perbedaan spesifikasi yang diberikan pada keduanya , tentu ada perbedaan juga pada harganya. PS4 Slim dibanderol lebih murah saat pertama rilis dengan harga 4,2 juta rupiah dengan internal storage sebesar 500 GB dan 4,6 juta rupiah untuk internal storage sebesar 1 TB. Sedangkan PS4 Pro dijual pada saat rilis dengan harga 6,4 juta sampai 7 juta rupiah.

Nah, itulah beda PS4 Slim dan Pro, semoga perbandingan keduanya diatas bisa menjadi referensi untuk yang sedang menimbang antara membeli PS4 pro ataupun PS4 slim. Karena masing-masing memiliki kelebihan dan kekurangan, jadi pikirkan matang-matang dan sesuaikan dengan budget yang ada.

You May Also Like

About the Author: Putri Taurus